Ada 36 Kelemahan Pada Keamanan pada Jaringan LTE


Terkadang, kita cenderung menerima Teknologi baru begitu saja dan menganggapnya sebagai sebuah terobosan. Namun, ternyata hal tersebut tidak sepenuhnya positif. Musababnya, laporan baru menyebut bahwa telah ditemukan 36 kelemahan keamanan pada LTE.

Mengutip laporan dari Engadget, Kamis (28/3), para peneliti dari Korea Selatan baru-baru ini menemukan setidaknya 36 celah keamanan baru di Teknologi LTE. Temuan ini tentu saja sangat serius, karena LTE terhubung dengan ponsel, tablet, dan bahkan mobil-mobil dengan Teknologi terkini.

Kerentanan ini jelas berpotensi terjadinya peretasan atau kemungkinan data yang dikendalikan oleh orang lain. Meski begitu, kelemahan yang ditemukan ini belum tentu berlaku secara umum.

Artinya, Operator yang berbeda dapat memiliki kelemahan yang berbeda pula sehingga tidak bisa dengan satu solusi untuk memperbaikinya. Bahkan, mungkin ada Operator yang sama sekali tidak memiliki kelemahan meski sangat kecil kemungkinannya.

Sementara itu, para peneliti berencana membagikan temuan mereka di sebuah konferensi akhir Mei ini. Mereka juga akan berbagi alat yang mereka ciptakan untuk membantu menemukan kekurangan ini dengan Operator dan pembuat perangkat.

Alat tersebut diklaim mampu mengidentifikasi kekurangannya sendiri dan juga berpotensi menghasilkan perbaikan. Sejauh ini, belum ada rincian informasi sektor mana yang dieksploitasi.

Long Term Evolution atau yang biasa disingkat LTE adalah sebuah standar komunikasi akses data Nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE, dan UMTS/HSPA. Jaringan antarmukanya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum Nirkabel yang terpisah.

No comments for "Ada 36 Kelemahan Pada Keamanan pada Jaringan LTE"