Gojek Memberikan Kontribusi Besar ke Perekonomian RI


Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (LD FEB) Universitas Indonesia mengungkapkan Kontribusi Gojek terhadap perekonomian Indonesia mencapai Rp 55 triliun. Angka tersebut didapat berdasarkan perhitungan Kontribusi 100 persen dari mitranya sepanjang tahun 2018.

”Pada Penelitian kuantitatif sebelumnya kami umumkan Kontribusi Gojek sebesar Rp 44,2 triliun pada 2018 yang merupakan cerminan dari 75 persen mitra aktif. Tapi jika diukur 100 persen maka angkanya Rp 55 triliun,” kata Kepala LD FEB UI, Turro Wongkaren, saat konferensi pers di Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Sebelumnya pada riset kuantitaif LD FEB UI yang mengkaji Kontribusi Gojek pada perekonomian Indonesia ditemukan bahwa mitra pengemudi GO-RIDE menyumbang Rp16,5 triliun, mitra pengemudi GO-CAR sebanyak Rp8,5 triliun, UMKM GO-FOODRp18 triliun, dan Mitra GO-LIFE Kontribusi Rp1,2 Triliun. Penelitian itu mengungkapkan total Kontribusi Gojek sebesar Rp44,2 triliun dengan asumsi 75 persen.

Kontribusi mitra UMKM Go-Food pada 2018 naik hampir tiga kali lipat dibanding tahun 2017. Pertumbuhan Kontribusi mitra UMKM Go-Food ini antara lain disebabkan oleh optimalisasi fitur teknologi.

Selain Kontribusi terhadap perekonomian menurut Penelitian Kualitatif ekosistem Gojek ternyata dapat membahagiakan mitranya.

Peneliti LD FEB UI, Bagus Takwin, mengatakan berdasarkan pengukuran kepuasan hidup mitra yang menggunakan instrumen the Satisfaction with Life Sacel (SWL), skor rata-rata kebahagiaan mitra yang ditemukan pada Penelitian ini adalah 24,3 dari skala maksimal 35. Artinya, secara umum mitra Gojek tergolong cukup puas dengan hidupnya dan masih merasa bahagia.

Bagus menilai penilaian kepuasaan ini sangat di perlukan untuk kontek Ekonomi digital, untuk memahami bagaimana keuntungan secara finansial dan non finansial bagi para pelaku-nya.

"Ini perlu dilakukan untuk pemahaman mendalam Ekonomi digital agar bisa inklusif dan berkualitas," kata Bagus.

No comments for "Gojek Memberikan Kontribusi Besar ke Perekonomian RI"