Ternyata Vitamin A dapat Turunkan Risiko Kanker Kulit


Sebuah studi terbaru menunjukkan, mengkonsumsi lebih banyak Vitamin A dapat membantu menurunkan risiko Kanker Kulit.

Dilansir dari WebMD, studi yang dilakukan kepada 125 ribu orang di Amerika ini, menunjukan orang dengan asupan Vitamin A tertinggi menurunkan risiko Kanker Kulit karsinoma sel skuamosa sekitar 15 persen.

"Temuan ini harusnya menambah dorongan untuk melakukan diet sehat dengan buah-buahan dan sayuran. Vitamin A seperti dari sumber nabati," kata Eunyoung Cho, salah satu penulis penelitian, profesor di bidang dermatologi dan epidemiologi di Brown University.

Untuk studi ini, para peneliti mengumpulkan data tentang pola makan dan konsumsi suplemen dari hampir 50 ribu pria dan lebih dari 75 ribu wanita. Mayoritas peserta berusia awal 50-an.

Tim peneliti mengikuti peserta selama lebih dari 25 tahun masa tindak lanjut. Hampir 4 ribu orang menderita Kanker Kulit karsinoma sel skuamosa setelah masa penelitian.

Karsinoma sel skuamosa dikenal sebagai jenis Kanker Kulit kedua yang paling umum. Ini biasanya terjadi di area tubuh yang sangat sering terpapar sinar matahari, seperti wajah dan kepala.

Sebagian besar Vitamin A yang berhasil menurunkan risiko, mereka konsumsi berasal dari makanan. Dan menurut Institut National Institute of Health (NIH), sumber makanan sehat Vitamin A yaitu termasuk ubi jalar, blewah, wortel, kacang polong hitam, paprika merah, brokoli, bayam, makanan susu, ikan dan daging.

Eunyoung mengatakan, studi ini tidak dirancang untuk membuktikan hubungan sebab dan akibat Kanker Kulit jenis karsinoma sel skuamosa. Tetapi, penelitian ini menunjukan bahwa Vitamin A bekerja untuk menjaga sel-sel kulit tetap sehat, dan itulah mengapa penelitian ini terkait dengan meburunkan risiko Kanker Kulit sel skuamosa.

Penting digaris bawahi, meskipun bermanfaat untuk melawan Kanker Kulit, para peneliti memperingatkan bahwa konsumsi Vitamin A di atas dosis yang disarankan berisiko menyebabkan masalah kesehatan lainnya.

Selain itu, dalam penelitian ini menunjukkan, vitamin juga tidak sepenuhnya mencegah Kanker Kulit sel skuamosa. Menurut Eunyoung, setiap orang harus tetap memakai tabir surya ketika berada di luar ruangan untuk menghindari segala bentuk penyakit kulit.

No comments for "Ternyata Vitamin A dapat Turunkan Risiko Kanker Kulit"