Mempelajari apa Itu Tindakan Medis Gonioskopi Melalui SehatQ.com


SehatQ.com adalah platform kesehatan untuk keluarga Indonesia. Di platform kesehatan ini Anda bisa mendapatkan berbagai informasi seputar penyakit, pola hidup sehat hingga forum dimana anda bisa menanyakan berbagai keluhan penyakit dan akan dijawab oleh para dokter ahli.

Di platform ini, anda juga bisa menemukan tindakan medis yang dilakukan untuk beberapa jenis penyakit salah satunya gonioskopi.

Apa Itu Gonioskopi

Gonioskopi merupakan pemeriksaan pada bagian depan mata antara kornea dan iris. Tindakan ini dilakukan dengan pemeriksaan tanpa rasa sakit untuk melihat apakah area di mana cairan keluar dari mata atau disebut drainase terbuka atau tertutup.

Untuk diketahui prosedur ini dilakukan saat pemeriksaan mata biasa, tergantung dari usia untuk mengetahui apakah pada usia tersebut resiko terkena glaukoma tinggi atau tidak. Glaukoma sering dihubungkan dengan peningkatan tekanan dalam bola mata yang menyebabkan kerusakan pada saraf mata dan penurunan penglihatan sehingga kebutaan.

Mengapa Melakukan Pemeriksaan Gonioskopi?

Ada beberapa alasan yang tepat mengapa Anda harus melakukan  gonioskopi, ini juga dijelaskan dalam platform SehatQ.com :

  • Melakukan pemeriksaan bagian depan mata untuk melihat adanya glaukoma.
  • Melihat apakah pada sudut berelasi mata tertutup atau hampir tertutup. Jenis tindakan medis ini juga membantu dokter untuk melihat apakah tipe glaukoma yang anda miliki.pemeriksaan gonioskopi juga dilakukan untuk mencari luka yang ada pada sudut drainase.
  • Gonioskopi bertujuan untuk mengobati glaukoma. Saat tindakan medis gonioskopi dilakukan, cahaya laser dapat mengarah melalui lensa spesial ke sudut drainase. Pengobatan ini bisa mengurangi tekanan pada mata dan mengontrol glaukoma. 
  • Memeriksa Apakah ada cacat lahir yang menyebabkan glaukoma. 


Yang Harus Dilakukan Sebelum Menjalani Pemeriksaan Gonioskopi

Sebelum melakukan tes gonioskopi, Anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter untuk informasi dan instruksi lebih lanjut mengenai gonioskopi. Sangat penting bagi anda untuk mengetahui peringatan dan pencegahan sebelum melakukan tes.

Sebaiknya sebelum menjalani kategori tindakan medis gonioskopi bagi anda yang menggunakan lensa kontak dilepas terlebih dahulu. lalu baru boleh dipakai setelah 1 jam melakukan tes atas sampai obat yang digunakan untuk mematikan rasa di mata berkurang. Jika setelah proses pemeriksaan gonioskopi pupil mata membesar maka harus ada seseorang yang mendampingi.

Proses Pemeriksaan Gonioskopi

Gonioskopi harus dilakukan oleh dokter ahli ophthalmologist. Sebelumya anda akan diberikan tetes mata untuk membius mata sehingga anda tidak akan merasa lensa menyentuh mata ketika dilakukan pemeriksaan. Lalu anda diminta untuk berbaring atau duduk di kursi. Mikroskop digunakan untuk melihat kedalam mata anda. Jika dalam posisi duduk maka dagu akan ditempatkan pada sandaran dagu dan dahi akan diberikan penampang lalu Anda diminta melihat lurus ke depan.

Selanjutnya akan diletakkan di bagian depan mata dan seberkas Sinar terang juga diarahkan ke dalam mata. Dokter selanjutnya akan mulai memeriksa sudut drainase lewat mikroskop selama 5 menit.

Setelah proses gonioskopi dilakukan dan terjadi pupil membesar mata akan kabur selama beberapa jam sesudah pemeriksaan atau sesudah efek obat berkurang.

Bagaimana Hasil Gonioskopi?

Hasil dari tindakan medis gonioskopi biasanya ada dua yaitu :

  • Normal, hasil ini berarti sudut drainase mata terlihat normal, terbuka lebar dan tidak tertutup. 
  • Abnormal, pada hasil ini sudut drainase biasanya terlihat menyempit, terbelah sedikit atau bahkan tertutup. Jika sudah tertutup sebagian atau seluruhnya nantinya akan terdapat resiko sudut akan tertutup. Sudut drainase yang tertutup menandakan anda memiliki glaukoma sudut tertutup. Ada banyak alasan mengapa sudut drainase bisa tersumbat. Misalnya saja karena luka pembuluh darah tidak normal infeksi sehingga pigmen warna berlebih pada iris. 


Nah sekarang tentu anda sudah tahu apa itu  gonioskopi, prosesnya hingga hasil yang akan dilakukan setelah melakukan pemeriksaan. Anda bisa mendapatkan berbagai informasi kesehatan lainnya melalui platform kesehatan SehatQ.com. Kunjungi platform kesehatan ini baik melalui website atau aplikasi pada smartphone anda.