Gadai Lebih Aman, Kenali Dulu Kriteria Tempat Gadai BPKB Mobil Perorangan yang Aman Menurut OJK

Kriteria Tempat Gadai BPKB Mobil Perorangan yang Aman Menurut OJK

Menggadaikan barang bisa jadi solusi yang cepat untuk dapatkan uang pinjaman. Di Indonesia sendiri produk pinjaman uang semacam ini sudah sangat populer dan juga keberadaannya jadi semakin banyak. Apalagi di tengah-tengah kondisi krisis semacam ini. Agaknya lembaga pembiayaan juga mengerti akan kebutuhan masyarakat terhadap produk pinjaman uang yang semakin meningkat dari sebelumnya. Gadai BPKB mobil perorangan bisa menjadi salah satu alternatif ketika butuh pinjaman dalam jumlah yang besar.

Karena tidak dapat dipungkiri juga jika seandainya Anda bisa mendapatkan plafon pinjaman dengan nominal yang cukup besar dengan produk yang satu ini. namun satu hal yang patutnya untuk Anda ketahui sebelum memutuskan ambil pinjaman dari gadai tersebut. Tak lain adalah mengenai keamanan produknya. Faktanya sendiri ada banyak diantara masyarakat yang mengaku kecewa setelah mengambil pinjaman dengan menggadaikan barang mereka. karena memang memilih tempat yang salah dalam menggadaikan barang.

Gadai ilegal memang bertebaran di tengah-tengah masyarakat belakangan ini, terbilang meresahkan karena mereka hanya mengutamakan prinsip pada keuntungan diri sendiri. tanpa mempertimbangkan keamanan nasabahnya. Untuk itulah penting sekali dalam memilih lembaga gadai yang sudah terjamin legalitas atau keamanannya. Setidaknya OJK sendiri juga memaparkan beberapa ciri atau kriteria lembaga gadai yang aman yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:
  • Sudah terdaftar dalam OJK, gadai yang ilegal atau terpercaya mereka sudah berizin dan diawasi secara langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan.
  • Menerapkan bunga yang kecil, bunga yang dibebankan kepada nasabah juga relatif kecil atau ringan. Sehingga nantinya tidak akan terlalu membebani pengembalian hutang nasabah tersebut kepada lembaga gadai, yaitu dengan bunga sekitar 1,5 persen perbulannya.
  • Menerima beragam jenis barang untuk digadaikan, mereka juga tak hanya menerima satu jenis barang yang dapat digadaikan pada lembaga tersebut, melainkan cenderung beragam jenisnya. Mulai dari BPKB kendaraan, sertifikat rumah, tanah maupun juga barang elektronik.
  • Keamanan barang gadai dijamin, selain itu lembaga yang satu ini juga menjamin keamanan barang yang digadaikan oleh nasabah, seperti diantaranya adalah sudah dilindungi dengan asuransi. Jadi jika seandainya barang rusak atau hilang maka Anda juga akan mendapatkan ganti rugi.
  • Memiliki seorang jasa taksir yang sudah tersertifikasi, pentingnya lembaga gadai untuk memiliki jasa taksir harga memang bukan tanpa alasan, melainkan agar nanti penentuan harga barang atau plafon pinjaman juga tidak merugikan salah satu pihak. Melainkan sesuai dengan pasaran harga yang ada saat ini.
  • Transparan di dalam pemberian uang kelebihan dari lelang barang, selanjutnya juga patut untuk diketahui bahwa jika seandainya nasabah yang tidak mampu untuk menebus barang gadainya, maka barang tersebut akan dilelang, sebagian uangnya untuk menutup sisa hutang. Gadai terpercaya umumnya transparan di dalam pemberian uang sisa dari lelang tersebut, mengembalikan sisanya kepada nasabah.
Itulah beberapa ciri tempat gadai yang legal menurut OJK. Gadai BPKB mobil perorangan ini nyatanya juga bukan satu-satunya produk yang bisa dipilih untuk mendapatkan pinjaman uang. Jika memang dilihat di tengah-tengah kita masih banyak diantara lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman tersebut. sehingga nantinya Anda sendiri juga bisa pilah-pilih yang tepat sesuai kebutuhan. Bahkan sekarang ini juga bisa ambil pinjaman secara lebih mudah online lewat fintech.

No comments for "Gadai Lebih Aman, Kenali Dulu Kriteria Tempat Gadai BPKB Mobil Perorangan yang Aman Menurut OJK"