Kenali Apa Saja Efek Samping Tindakan Medis Kemoterapi Menurut SehatQ.com

Kenali Apa Saja Efek Samping Tindakan Medis Kemoterapi Menurut SehatQ.com

Kemoterapi adalah salah satu tindakan medis yang digunakan sebagai pengobatan untuk membunuh sel kanker. Pengobatan yang biasa dikenal dengan kemo ini menjadi bagian yang sangat penting dalam melawan semua sel kanker yang ada di dalam tubuh pengidapnya. Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa kemoterapi sangat membantu dan bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit kanker. 

Namun dibalik itu semua, ternyata kemoterapi ini memiliki efek samping yang lumayan banyak. Efek samping dari proses pengobatan ini juga bermacam-macam, bahkan tidak sedikit pasien yang melakukan kemo ini terjangkit masalah kesehatan lainnya. Jika Anda akan melakukan kemoterapi, alangkah lebih baik jika mengetahui apa saja efek sampingnya. Yuk simak informasi berikut ini.

5 Efek Samping Tindakan Medis Kemoterapi yang Wajib Anda Ketahui

Berikut ini adalah efek samping yang akan ditimbulkan saat menjalani pengobatan kemoterapi. Beberapa informasi dibawah ini terangkum dari sumber SehatQ.com yang sudah memberikan informasi secara lengkap di halaman websitenya. Penasaran apa saja informasinya? 

1. Rambut Rontok

Bukan hal aneh lagi jika pengidap kanker terkenal dengan rambutnya yang rontok. Ternyata hal ini juga dipengaruhi oleh tindakan medis dari kemoterapi itu sendiri. Perlu Anda ketahui bahwa jika melakukan kemoterapi ini akan merusak folikel rambut hingga akhirnya terjadi kerontokan rambut yang parah. Meskipun dengan melakukan kemoterapi rambut akan kembali tumbuh, tetapi karakteristik rambutnya akan terlihat berbeda. Rambut akan lebih tipis dengan warna yang berbeda. Tetapi, jika kemoterapi sudah selesai rambut akan tumbuh kembali seperti sedia kala.

2. Lemahnya Sistem Kekebalan Tubuh

Efek samping kemoterapi yang selanjutnya adalah melemahnya sistem kekebalan tubuh. Kemoterapi bisa menghancurkan sel kekebalan tubuh yang sehat. Karena hal ini, bisa jadi pasien lebih mudah terserang infeksi lainnya yang bisa menyerang kapan saja saat menjalani pengobatan kemo. Tubuh juga akan susah untuk melawan semua jenis kuman dan bakteri yang tidak kalah mengancam bagi kesehatan Anda. Dan yang lebih ditakutkan lagi jika infeksi ini bisa bertahan lebih lama dibandingkan dengan pengobatan kemoterapi.

3. Gangguan Saraf

Selain melemahnya imun tubuh, berdasarkan SehatQ.com ternyata kemoterapi bisa mengganggu saraf pasien. Pasien kemoterapi biasanya akan mengalami Neuropati yang dimana saraf tubuh akan terasa nyeri. Ini terjadi karena saraf tubuh rusak. Ketika mengalami ini, Anda akan mengalami tangan atau kaki yang terasa seperti kesemutan, sensasi tersetrum, hingga mati rasa. Bahkan ada beberapa kejadian medis dimana pasien merasakan telinga yang terus berdenging.

4. Gangguan Pernapasan

Cara kemoterapi juga bisa menyebabkan efek samping berupa gangguan pernapasan. Kemoterapi secara perlahan akan merusak paru-paru, hal ini terjadi karena kapasitas paru-paru yang berkurang. Meskipun nantinya Anda mengalami kejadian ini, dokter akan menuntun Anda untuk mengurangi sesak napas. Jadi, pastikan Anda tetap tenang dan tidak khawatir lagi jika nanti mengalami efek samping ini.

5. Sistem Pencernaan Terganggu

Sistem pencernaan akan terganggu sebagai efek kemoterapi kanker yang Anda jalani. Lagi-lagi kemoterapi bisa merusak sel yang berfungsi sebagai pembantu pencernaan tubuh. Anda juga akan mengalami mual-mual dan perubahan menu makanan. Perubahan menu makanan yang secara tiba-tiba ini juga bisa mendorong untuk terjadinya gangguan pencernaan.

Nah, itulah 5 efek samping kemoterapi sebagai salah satu tindakan medis para pengidap kanker. Sebenarnya masih banyak efek samping kemo lainnya, untuk itu Anda bisa berkunjung ke laman resmi SehatQ.com karena disana Anda akan menemukan banyak informasi mengenai pengobatan kemoterapi secara lengkap.

No comments for "Kenali Apa Saja Efek Samping Tindakan Medis Kemoterapi Menurut SehatQ.com"